Ketum MUI Makassar Tausiah Subuh di Masjid Rujab Gubernur Sulsel, Ini Ulasannya

MAKASSAR,-Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Makassar Ag Syekh Dr H Baharuddin HS MA menyampaikan tausiah di pengajian rutin subuh di Masjid Kompleks Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sulsel Jln Sungai Tangka Makassar pada Ahad 30 Juni 2024.

Dalam tausiahnya Anregurutta Baharuddin mengangkat tema tentang Keikhlasan Dalam Beramal.

Dalam ulasannya Anregurutta mengurai tiga tingkat keikhlasan dalam beramal sebagaimana dalam tausiahnya.

1.Ikhlas awam
Ini merupakan ikhlas yang berdasar perbuatan karena Allah semata, namun juga mengharapkan nikmat dunia akhirat. Misalnya, melakukan sesuatu karena Allah tetapi juga berharap pahala, kesehatan, kekayaan, dan masuk surga.Ikhlas di tingkat 1 ini disebut ikhlas awam.

2.Ikhlas khusus
Selanjutnya adalah ikhlas khusus. Yaitu ketika melakukan sesuatu karena Allah, namun juga mengharapkan nikmat akhirat.
Perbedaannya dengan ikhlas awam, pada ikhlas khusus, tidak mengharapkan atau memperdulikan lagi nikmat dunia.Ikhlas yang fokus pada imbalan akhirnya ini disebut ikhlas khusus.

3.Ikhlas khawasul khawas
Ini adalah tingkat ketiga dari ikhlas. Yaitu, ketika melakukan sesuatu karena Allah, dan melepaskan semua keinginan atas dunia dan akhirat.Apa yang dilakukan seseorang yang ikhlas khawasul khawas semata-mata untuk ubudiyah dan rububiyah.

Anregurutta Baharuddin juga mengajak jamaah agar memperbaiki niat dalam beribadah karena tanpa keikhlasan ibadah seorang tak akan tenang.

Pengajian dipandu langsung oleh Dr KH Masykur Yusuf M Ag selaku ketua Dewan Kemakmuran Masjid Kompleks Rujab Gubernur Sulsel. Ia mengajak jamaah untuk menyimak isi ceramah dan bertanya langsung kepada pencerahan.

Turut hadir Remaja Masjid dan Majelis Taklim Masjid Komplek Rujab Gubernur Sulsel dan jamaah komplek masjid lainya.

Irfan Suba Raya

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *