Jelang Pilgub Sulsel 2024, KJP disebut Bisa Jadi “King Maker” Politik di Sulsel

MAKASSAR – Diskusi perdana Komunitas Jurnalis Politik (KJP)  di Lapak Kopi Abangda, Kota Makassar, Sabtu (22/6/2024), Kegiatan ini disponsori langsung Global Link “SmartSolusion” dan menuai respons positif dari kalangan akademisi hingga aktor politik di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Itu karena diskusi perdana KJP yang dikemas dalam acara “Ngopi Sore” berlangsung interaktif antara hadirin dengan para pembicara dan membahas isu-isu terkini mengenai Pilkada Serentak 2024.

Dialog ini menghadirkan pembicara antara lain analis politik, hukum dan keamanan, Arqam Azikin, CEO PT Duta Politika Indonesia Dedi Alamsyah Mannaroi dan Jurnalis Senior, Fahruddin Palapa. 

Ketiganya membincang tema “Flashback Pertarungan Sulsel”.

Fahruddin mengatakan, forum Ngopi Sore KJP ini dapat menjadi ruang diskursus baru tentang dinamika politik, khususnya menjelang Pilkada Serentak 2024.

“Selamat untuk KJP. Forum-forum ini bisa menjadi ruang diskursus baru dan panggung bagi penyelenggara pemilu, khususnya kandidat kontestan pilkada,” kata Fahruddin.

Senada dengan itu, Arqam Azikin mengaku sudah lama mendambakan kehadiran komunitas jurnalis politik di Sulsel. 

Menurutnya, tidak mudah menjadi wartawan yang bertugas di desk politik. Akademisi bergelar doktor ini mendorong KJP menjadi kompas diskursus politik di Sulsel.

“Betul-betul sudah lama kita tunggu forum seperti ini. Selain para ketua partai, komunitas jurnalis politik ini bisa jadi ‘king maker’ pilkada di Sulsel. Kalian ini bisa memengaruhi opini orang,” tegas Arqam.

Wakil Dekan Fisip Unismuh Makassar, Andi Luhur Prianto, pun berpendapat demikian. Menurutnya, forum diskusi KJP dapat menjadi ruang untuk membedah isu alternatif yang kerap luput dari perhatian publik.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Bakomstra DPD Partai Demokrat Sulsel, Moch Hasymi Ibrahim. Ia mendorong Ngopi Sore KJP dapat mengulas personalitas kandidat kontestan pilkada.

Di tempat yang sama, jurnalis senior Mulawarman menambahkan, Ngopi Sore KJP akan menjadi ruang publik yang baru untuk isu-isu politik dan hukum di Sulsel.

“Ini bagus sekali. Ngopi sore KJP kalau boleh dikata dapat mengimbangi dominasi forum-forum lain yang cenderung eksklusif,” tutur Mulawarman.

Ngopi Sore sesi 1 KJP turut dihadiri mantan Ketua AJI Makassar Andi Fadli, senior GP Ansor Maqmur Idrus dan sejumlah jurnalis. Acara ini dimoderatori oleh redaktur politik Tribun Timur, Hasim Arfah.

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *