Koalisi Golkar Usung Appi Di Pilwali, Langkah PKB Cepat dan Tepat

Makassar, Jelang tahapan Pilwalkot Makassar, sejauh ini baru PKB dan Golkar yang sudah membangun komitmen Kolaisi dalam menghadapi kontestasi Pilwalkot November mendatang. Saya pikir PKB cukup progresif merespon kondisi Pilwalkot Makassar. Tentu membangun komitmen koalisi dengan partai Golkar tidak mengalir begitu saja, PKB pasti sudah punya kalkulasi menang.

Artinya, sosok munafri menjadi magnet kuat bagi PKB. Tentu APPI dinilai potensial tampil kuat dalam Pilwalkot mendatang. Itu poinnya. Jika kita melihat jumlah perolehan kursi masing-masing partai baik Golkar maupun PKB, kedua partai ini sudah cukup syarat. Persyaratan 20 persen terlampaui dari 50 kursi di DPRD Kota Makassar.

Ya uda cukup sebenarnya kedua partai ini mengsusung pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Makassar dibulan Agustus mendatang. Bahkan yang ingin saya katakan, koalisi ini koalisi nasionalis religius. Jadi cukup ideal lah. Perihal siapa sosok pendamping munafri nantinya, tentu itu butuh kajian akademik berbasis riset agar melahirkan sosok pendamping ideal.

Memang saat ini jika kita melihat figur PKB, ada sosok dg Ical. Tapi saya ngga yakin jika dg Ical akan maju Pilwalkot apalagi posisi 02. Beliau baru saja melewati pertarungan Pileg DPR RI dan menang. Memang jika APPI disatukan dengan dg Ical menjadi pasangan kuat, tapi rasanya sulit terwujud.

Pada prinsipnya, apa yang dilakukan oleh PKB dan Golkar di Kota Makassar menjadi contoh yang baik. Kedua partai ini tak butuh waktu lama dalam menentukan sikap politiknya. Itu bukti jika masing-masing ketua Partai bijak dalam menghadapi kontestasi politik mendatang. Saya juga tidak melihat PKB menjadikan posisi wakil sebagai syarat berkoalisi dengan Golkar. Itu nilai plus dari koalisi ini.

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *