UPTD Taman Budaya Disbudpar Gelar Karnaval Budaya di Benteng Somba Opu

MAKASSAR, UPTD Taman Budaya Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel Gelar Karnaval budaya yang merupakan rangkaian kegiatan Pestival Budaya yang di ikuti ratusan peserta yang di digelar di Benteng Somba Opu , 23 Oktober 2023.

Peserta dalam kegiatan diikuti sekitar 20 Kabupaten/Kota di sulsel diantaranya Kota Makassar, Kab. Takalar,Kab. Jeneponto
Kab. Bantaeng,Kab. Bulukumba,Kab. Maros
Kab. Barru,Kab. Pinrang, Kab. Luwu,Kota Palopo,Luwu Utara,Luwu Timur,Kab. Enrekang,Kab. Tana Toraja, Kab. Gowa diwakili Sanggar Andikar, Kab. Wajo, Kab. Soppeng, Kab. Gowa diwakili oleh Sanggar Andikar

Kepala UPTD taman budaya HJ. Nurawati, SE. M.si mengatakan bahwa kegiatan Karnaval Budaya Sebagai upaya untuk memperkaya khasanah budaya dan menjaga keberlangsungan / kelestarian produk lokal daerah Sulawesi Selatan. Hal tersebut juga menjadi Motifasi bagi seniman agar tercipta kreatifitas, produktifitas dan Kualitas.

“Kegiatan yang secara konsisten dilaksanakan sebagai event tahunan. Guna memotivasi semangat kreativitas masyarakat / seniman-seniwati daerah dalam berolah seni, agar lebih inovatif, atraktif dan kreatif,” jelasnya.

Dalam pawai Karnaval tersebut mereka membawa sejumlah barang yang menjadi ciri khas Provinsi Sulawesi Selatan dan Kota Makassar seperti lipa’ sabbe (sarung tenun sutra bugis), pattapi (penapis beras), kipas pakarena, dan sejumlah siswa yang berjalan menggunakan passapu ( ikat kepala pahlawan Sultan Hasanuddin) dan berbagai ciri khas ada dari perwakilian peserta se kabupaten kota di sulsel.

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *